Thursday, February 2, 2012

Cabe Jawa - Si Mungil Peredam Rasa Nyeri


Cabe Jawa ( Piper retrofragtum - Javanese long pepper ) merupakan salah satu tanaman obat potensial yang banyak di budidayakan di lahan kering. Cabe jawa banyak digunakan didalam industri obat tradisional maupun untuk ekspor. Bagian tanman yang dipanen dan banyak didipakai dalan industri obat tradisional adalah buah dalam bentuk simplisa yang memiliki khasiat obat, sehingga cabe jawa memiliki prospek cerah untuk dikembangkan. Buah cabe jawa mengandung minyak astiri, piperina, asam palmitat, asam tetrahidropiperat, undecylenyl 3-4 methylenedioxy benzene, N-isobutyldecatrans-2 trans-4 dienamida, sesamin, eikosadienamida, eikopsatriedienamida, guinensina, oktadekadienamida, protein, karbohidrat, gliserida, tanin, karioferina.

PENELITIAN PADA CABE JAWA

Penelitian oleh Wahyuni dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Cibinong. Beliau menyatakan bahwa buah cabe jawa memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dibuktikan dengan mencoba ramuan cabe jawa kepada 30 responden di daerah cibinong dan 90% dari semua responden merasakan khasiatnya. 
Penelitian oleh Sa'roni, Pudjiastuti, Adjirni dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta. mereka meneliti tentang efek androgenik dan anabolik ( berhubungan dengan sistem hormonal pada pria yang berpengaruh pada stamina dan vitalitas ) menurut metode Dorfman dan Hershberger, sebagai pembanding digunakan metilteststeron 12microgram/10 gram BB dan blangko aquades 0,5 ml/10 gram BB. Hewan percobaan yaitu tikus putih jantan berumur 33 hari. Hasilnya, infus buah cabe jawa dosis 0,2 mg/10g BB belum menunjukan adanya efek menunjukan efek androgenik dan anabolik. Infus buah cabe jawa 2,1mg/10g BB menunjukan proses androgenik dan anabolik yang maksimal, sedang pada dosis 21mg/10g BB efeknya menurun.
Selain itu cabe jawa juga berkhasiat sebagai peluruh aur seni, peluruh keringat, peluruh kentut, penurun panas, dan stimulan (penyegar).

CARA PENGOLAHAN CABE JAWA

Ambil 6 gram cabe jawa. Cuci sampe bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Seduh dengan 150cc air panas dan di minum satu kali sehari. 

TIPS AGAR STAMINA TETAP TERJAGA

  1. Olahraga secara teratur.
  2. Makan secara teratur dan makan makanan bergizi.
  3. Perbanyak konsumsi makanan laut yang mengandung mineral tinggi karena dapat mendukung fungsi sistem imunitas tubuh.
  4. Istirahat yang cukup.
MANFAAT UTAMA CABE JAWA

  • Analgesik ( pereda nyeri )
  • Antiradang
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Subscribe via Email

Reactions:
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes