Saturday, March 10, 2012

Tips Memilih Mainboard


Mainboard secara umum kita sebut motherboard adalah sebuah papan untuk menghubungkan semua peripheral yang terdapat pada komputer. Di sini terdapat semua komponen dari sebuah komputer. mulai dari Socket prosesor, PCI, RAM sampai slot IDE atau SATA port, Berikut ini saya akan sharing tips untuk memilih mainboard yg bagus baik dari kualitas maupun ketahanan komponennya. let's cekidot,,,,

  1. Chipset -    Hal pertama yg harus kita ketahui adalah chipset. Chipset adalah komponen utama pada mainboard yg mengatur semua jalur data pada komponen yg ada. Ada dua type chipset yg ditanamkan pada mainboard, yaitu northbridge dan  southbridge.
  2. Komponen -  Yang saya maksud kan disini adalah komponen - komponen yang tertanam di mainboard tersebut. Yang perlu anda perhatikan antara lain : PCB - Mainboard yg memiliki ketahana dan kualitas yg bagus bisa di lihat dari PCB-nya. Mainboard dengan kualitas bagus biasa menggunakan PCB 8 layer. Selain itu juga terdapat lapisan pendingin untuk mengurangi panas dari mainboard tersebut.Kapasitor - Kualitas kapasitor sangat berpengaruh pada stabilitas dan kekuatan sebuah mainboard. Kapasitor yg sangat baik dan mampu menjaga kestabilan kompresi tinggi yaitu kapasitor low-esr  atau kapasitor solid. Kapasitor dengan kualitas dibawah kapasitor solid yaitu kapasitor Rubycon dan Nichicon. Sangat mudah untuk membedakan kedua jenis kapasitor ini.Jikabelahan atas kapasitor ini membentuk huruf "K" berarti ini  Rubycon, tetapi jika membentuk huruf "K" berarti Nichicon.Heatsink - Heatsink adalah pendingin dari mainboard. Pilihlah mainboard yg menggunakan heatsink berteknologi heatpipe dan pilihlah yg menutupi chipset karena hal ini sangat penting untuk mengurangi panas yg dihasilkan chipset. 
  3. BIOS - adalah pengontrol utama dari seluruh system. Ada dua produsen bios yg saat ini sering kita       jumpai pada mainboard yaitu AMI ( American Megatrends ) dan AWARD Phoenix.
  4. Socket - Socket adalah slot tempat prosesor. Sangat penting untuk kita menentukan jenis socket karena socket ini akan menentukan type prosesor yg di pakai. misalnya LGA775 dan LGA1366 untuk prosesor intel, AM2 dan AM2+ untuk AMD.
Sekian dulu sharing saya kali ini. Share kali ini saya dapat dari pengalaman dan beberapa buku yg saya baca. Semoga bermanfaat bagi kita. Terima kasih,,,,,

NB: Don't forget to say Thank's,,, :)

Subscribe via Email

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes