Sunday, October 9, 2011

Install Windows dengan USB Flashdisk


Posting lagi nich. Postingan kali ini saya mau membahas cara melakukan instalasi windows melalui flashdisk. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan computer melakukan instalasi melalui CD-ROM, tetapi bagi note book yang tidak memiliki CD-ROM   mulai menjamur, kan sangat kesulitan untuk melakukan instalasi. Posting kali ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum instalasi dilakukan, yaitu:
1.      USB_PREP8 yang dapat di download di sini
2.      petoUsb dapat didownload di sini.
3.      Bootsect dapat di download di sini
4.      FlashDisk minimal 1 GB
5.      CD  master XP
6.      Computer yang sehat
7.      Kopi+camilan biar nunggu ^_^

Klo semua udah lengkap, let’s begin,,,,,,,,,

1.      Colokan FlashDisk ke computer.( ingat letak drive mana flashdisk tersebut )
2.      Masukan CD XP ke drive CD-ROM
3.      Extract usb_prep8,bootsect dan petoUSB ke dalam satu folder
4.      Jalankan file yang bernama usb_prep8.cmd kemudian teken sembarang tombol pada keyboard dan secara otomatis akan berjalan aplikasi petoUSB.
5.      Pada jendela petoUSB klik start untuk memulai prose format pada flashdisk yang akan digunakan sebagai media instalasi.
6.      Setelah proses format selesai, tutup jendela petoUSB dan secara otomatis tampil kembali jendela command promp dari usb_prep8.
7.      Untuk sementara tinggalkan dulu usb_prep8. Buka command promp dengan menekan tombol windows+R kemudian ketik cmd.
8.      Arahkan drive ke drive tempat kita menyimpan bootsect.
9.      Jika sudah masuk kedalam drive tempat kita menyimpan bootsect ketikan command ini BOOTSECT.EXE /NT52 F: (F adalah letak dari drive tempat flashdisk kita.
10.  Kembali ke promp usb_prep8 akan tampil beberapa pilihan di jendela tersebut. Kita hanya perlu focus pada pilihan no 1, 3 dan 4. Pilihan no 1 digunakan untuk mengarahkan ke drive tempat CD XP. Pilihan no 3 digunakan untuk mengarahkan ke drive dimana letak flashdisk kita. Pilhan no 4 digunakan untuk memulai proses pembuatan instalasi XP ke dalam flashdisk.
11.  Menunggu sambil ngemil+minum kopi sampai proses selesai.
NB : jika muncul teks konfirmasi pada saat proses, pilih yes sampai proses selesai.
12.  Proses selesai, tinggal menyeting booting BIOS pada notebook kita. Letakan USB flashdisk tersebut pada prioritas pertama. Save dan siap untuk melakukan instalasi.
Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat buat kita semua.Amin………postingan ini saya buat Cuma untuk sharing dan untuk menambah pengetahuan bagi yang belum tahu. Jadi buat yang udah tahu jangan dibaca daripada nyesel ntar…………. ^_^

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes