Friday, April 5, 2013

Tips Memilih Kartu Grafis atau VGA



Sebelum posting kali ini, saya juga pernah membahas Tips Memilih Mainboard. Dan kali ini saya akan membahas tentang Tips Memilih Kartu Grafis atau VGA. Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat 2 produsen chipset VGA terbesar yaitu ATI-AMD dan nVidia. Kedua produsen tersebut saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dengan segala kelebihan yang mereka tawarkan pada produk masing-masing. Produk dari kedua produsen tersebut adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Kartu grafis merupakan salah satu komponen yang cukup penting, terutama bagi mereka para gamer dan pelaku desain grafis. Tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana dan apa yang harus di perhatikan dalam memilih kartu grafis baik itu ATI-AMD maupun nVidia. OK langsung saja saya kasih tips yang harus di perhatikan dalam memilih kartu grafis. Secara umum yang harus anda perhatikan dalam memilih kartu grafis baik ATI-AMD maupun nVidia adalah :

- GPU Jangan terjebak pada seri ataupun merk dari suatu produk kartu grafis. Lebih baik anda tahu chipset yang di gunakan pada kartu grafis yang akan anda beli. Dengan mengenali jenis chipset yang digunakan kartu grafis, anda akan lebih mudah mengetahui kemampuan sebenarnya dari kartu grafis tersebut.

- BIT BIT adalah lebar jalur data (bandwitch) dalam RAM yang ditanamkan pada kartu grafis. Semakin besar bit (64, 128, 256 ), semakin banyak data dari/ke RAM.Kemampuan kartu grafis dengan bit yang besar dapat dilihat dari kecepatan loading scene game terbaru yang banyak menggunakan plygon dan tekstur berukuran besar.

- TEKNOLOGI Setiap produsen chipshet kartu grafis memiliki arsitektur teknologi yang berbeda. Sebagai contoh nVidia dengan SLI dan ATI-AMD dengan Crossfire.

- MEMORY VGA Memory VGA berpengaruh pada kemampuan loading suatu data 3D ( polygon, tekstur, dll ) dan sebagai tempat penampungan sementara ketika GPU memproses data tersebut. Semakin besar dan cepat jumlah RAM, semakin besar pula daya tampungnya sehingga proses kalkulasi data 3D dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu ketersediaan dat yang di load oleh RAM.

- KOMPONEN Kalau kwalitas komponen tidak perlu di jelaskan dengan panjang lebar karena hal ini dapat di lihat dar bentuk fisiknya. Ini sama dengan Tips Memilih Mainboard yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Terima Kasih semoga bermanfaat bagi kita semua. Amien,,,,
Subscribe via Email

Reactions:

1 comments:

Muhammad Fawaaid said...

Post Yang Anda Berikan Sangat Bermanfaat!! ^_^ Jangan Lupa Kunjungi Blog Ane ya..!!
http://aikawafaith.blogspot.com/

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes