Tuesday, July 16, 2013

Merica Hitam Atasi Reumatik dan Masalah Persendian

Manfaat Utama Merica Hitam


  • Mengatasi reumatik
  • Membantu meredakan rasa sakit pada persendian.
Merica hitam adalah buah Piper nigrum L yang belum masak. Panen buah di lakukan pada saat buah masih hijau kemudian dijemur di atas api hingga menjadi keriput. Merica hitam berbau khas aromatik, berasa pedas, menghangatkan dan melancarkan peredaran darah. atsirinya tidak kurang dari 1% b/v. Zat aktif yang terkandung dalam merica hitam adlah minyak atsiri yang mengandung felandren, dipenten, kariopilen, enthoksilin, limonen, alkaloida, piperina,dan kavisina.

Penelitian Pada Merica Hitam

Errasmus, S., dkk dari bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran melakuakan penelitian terhadap khasiat analgesik merica hitam pada mencit. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pemberian infus merica hitam per oral pada mencit dengan dosis 500mg/kg bb menyebabkan perpanjangan waktu reaksi. Waktu perpanjangan reaksinya sama dengan waktu perpanjangan reaksi untuk parasetamol (dosis 250mg/kg bb). Dengan takaran tersebut, khasiat analgesik ( pereda rasa sakit ) merica hitam sama dengan parasetamol tetapi lebih lemah daripada metamizol.

Penelitian yang dilakukan oleh Eun bang Lee dd dari Korea terhadap piperina alkaloid ( kandungan merica hitam ) terhadap mencit albino jantan dengan metode geliat maupun terhadap tikus Sprogue Dawky jantan. Dari uji ini disimpilkan bahwa piperina memiliki efek analgesik.

Selain itu merica hitam juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi lokal dan kerusakan kulit, menurunkan tekanan darah tinggi, demam dan sesak napas, mengatasi masalah pencernaan, dan sebagai karminatif ( memudahkan buang angin ).

Cara Pengolahan Secara Tradisional

Ambil merica hitam sebanyak 20 butir kemudian ditumbuk kasar, lalu dikukus hingga matang. Setelah itu tambahkan madu dan berikan pada si penderita.
Seiring perkembangan jaman, merica hitam sudah banyak di buat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga lebih praktis.

Tips Mengatasi Nyeri Sendi


  1. Olahraga ringan secara teratur.
  2. Menjaga posisi tubuh dengan baik, seperti membungkuk atau mengangkat barang-barang.
  3. Tidak mandi dengan air dingin ( suhu dibawah suhu tubuh ).
  4. Menghindari suhu ruangan yang dingin ( dibawah suhu tubuh ).
  5. Menghindari minuman dingin (es) secara berlebihan.
  6. Mengurangi makan daging dan kangkung secara berlebihan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes